Wakafcare.id

Keajaiban Wakaf Sumur Utsman Bin Affan

Salah satu keutamaan wakaf adalah pahalanya mengalir terus-terus menerus, meskipun orang yang berwakaf telah meninggal ribuan tahun yang lalu.Salah satu contoh nyata keajaiban ibadah wakaf adalah wakaf sumur Utsman Bin Affan yang berusia lebih dari 1.400 tahun yang lalu.

Sebagaimana diketahui, Utsman bin Affan merupakan sahabat Nabi yang kaya dan sangat dermawan. Seluruh harta yang beliau miliki didedikasikan untuk kepentingan umat Islam. Seperti pada 1400tahun yang lalu, Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi, pemilik satu-satunya sumur yang mengalir ketika musim kemarau waktu itu.

Menurut riwayat, dulu sahabat Utsman membeli ½ Sumur Yahudi dan mewakafkannya. Namun akhirnya Utsman membeli sisanya, total menjadi 38.000dirham dan mewakafkannya. Sumur tersebut adalah sumur yang tetap mengalir manfaatnya hingga saat ini bagi umat Islam.

Aset wakaf berkembang, terbelilah kebun kurma. Kebun terus dirawat dibawah kelolaan kementrian wakaf mulai masa Turki Utsmani hingga saat ini, dengan 1550 pohon. ½hasil kebun diserahkan fakir miskin dan yatim piatu. Sisanya diakumulasikan oleh nadzir.

Terbelilah sebidang tanah di daerah markaziyah, di kawasan Masjid Nabawi. Terbangun hotel bintang 5 yang secara keseluruhan bersumberkan aset wakaf. Hasil pengelolaan hotel ½igunakan untuk mauquf alaih dan ½ lagi diakumulasikan kembali. Keseluruhan aset itu menggunakan rekening atas nama Utsman bin Affan.

 Saldo rekening yang tertera pada akun atas nama Utsman Bin Affan di Arab Saudi hingga kini mencapai Rp 2,5 Triliun lebih. Hal ini tentu saja dikelola oleh Pemerintah Arab Saudi dengan pembagian yang samarata kepada fakir miskin, upah pengelola, hingga harta yang disimpan kembali. Tidak hanya itu, kekayaan kebaikan dari Utsman Bin Affan ini diperkirakan terus bertambah sebanyak 50 juta rial atau setara dengan Rp16 miliar per tahunnya. Masya Allah, sungguh dahsyatnya wakaf!